Rabu, 1 Oktober 2014
     
Home Lampung Raya Lamteng - Metro Tunjangan Guru Dibayarkan

Tunjangan Guru Dibayarkan

1628
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

GUNUNGSUGIH –  Kabar gembira bagi guru nonsertifikasi di Lampung Tengah. Tunjangan nonsertifikasi bisa dicairkan mulai pekan depan. ’’Tunjangan nonsertifikasi untuk triwulan II sudah berada di kas daerah. Minggu ini, persyaratan pencairan akan kita kirim ke DPKAD (Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah). Jadi minggu depan sudah bisa dicairkan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lamteng Yuliansyah kemarin.

    Kadisdik menjelaskan, untuk membayar tunjangan kepada 2.845 guru nonsertifikasi di lingkungan Disdik Lamteng, dialokasikan anggaran Rp2,7 miliar.  Pencairan dana nonsertifikasi untuk triwulan II ini, lanjutnya, terhitung dari April, Mei, dan Juni. ’’Pencairannya per triwulan dan pencairannya pun langsung ke rekening guru yang bersangkutan,” bebernya.

    Ditambahkannya, jumlah yang diterima oleh guru pun bervariasi. Sesuai dengan masa kerja dan golongan guru itu.

    ”Kita sarankan juga agar para guru yang menerima tunjangan nonsertifikasi harus meningkatkan kualitas dan kompetensi mereka. Artinya, hak boleh saja dituntut, tapi kewajiban jangan sampai diabaikan,” kata Yuliansyah.

    Sementara bagi guru bersertifikasi, harus lebih bersabar. Pasalnya, pembayaran tunjangan sertifikasi guru triwulan kedua 2013 mengalami penundaan hingga waktu yang belum ditentukan.

    Penundaan itu mengacu pada surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait tindak lanjut atas usulan revisi PMK No. 41/PMK.07/2013. Surat itu berisi bahwa terkait dengan usulan revisi, terjadi perubahan alokasi anggaran terhadap beberapa daerah sehingga jumlah penyaluran dana triwulan II, III, dan IV di masing-masing daerah mengalami perubahan. "Ini berlaku di seluruh Indonesia. Kita tidak tahu kapan kepastiannya karena masih diproses," ungkap Yuliansyah.

    Menurutnya, tunjangan profesi yang dimaksud adalah sesuai UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen. Yakni tunjangan yang diberikan pemerintah kepada guru yang telah memiliki sertifikasi pendidik (lulus sertifikasi). Tentu yang memenuhi persyaratan tertentu sebagai penghargaan atas kedudukannya sebagai tenaga profesional. Terkait dengan usulan revisi itu, maka otomatis terjadi perubahan alokasi anggaran tersebut.

    Jumlah penerima tunjangan profesi guru triwulan II 2013 yang akan dibayar melalui Pemkab Lamteng, menurut Yuliansyah, adalah sebanyak 5.094 orang. (rid/rnn/c2/adi)

 

 

:: Rakyat Lampung | Trans Lampung | Radar Lamteng | Radar Metro | Radar Kotabumi ::
:: Radar Lamsel | Radar Tanggamus | Lampung News Paper | Radar Lambar | Radar Tuba ::
:: Senator Lampung ::