Rabu, 3 September 2014
     
Home Nasional Inilah Jadwal Tes CPNS 2013

Inilah Jadwal Tes CPNS 2013

7906
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

JAKARTA – Sempat simpang siur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) melansir jadwal resmi rekrutmen calon abdi negara. Untuk tes tulis dijadwalkan pada 3 November nanti. Secara garis besar tes CPNS 2013 terbagi menjadi tiga kelompok. Yakni tes untuk pelamar tenaga honorer kategori 2 (K2), pelamar umum dengan sistem tes tulis lembar jawaban komputer (LJK), dan pelamar umum dengan sistem computer assisted test (CAT).

    Ujian tulis CPNS baru kelompok tenaga honorer K2 dan pelamar umum LJK, dilaksanakan pada 3 November. Sedangkan ujian online kelompok pelamar umum dengan sistem CAT dilaksanakan mulai 29 September hingga November.

      ’’Kebijakan nasional menginstruksikan tes CPNS baru menggunakan CAT dengan mekanisme online,’’ ujar Kepala Biro Hukum dan Humas Kemenpan-RB M. Imanuddin kemarin. Sejumlah instansi pusat maupun daerah sudah mengusulkan untuk menggelar tes CPNS baru dengan sistem CAT. Khusus untuk instansi pemerintah daerah akan dikomandoi secara teknis oleh kantor regional BKN (Badan Kepegawaian Negara) setempat.

     Imanuddin mengatakan, sampai sekarang memang belum ada satu pun instansi yang secara resmi mengumumkan rekrutmen CPNS baru. Sebab saat ini masih tahapan penyusunan formasi. Dia mengatakan bahwa penetapan dan persetujuan rincian formasi ini dijalankan hingga 30 Agustus nanti.

     Tahapan berikutnya adalah keputusan penetapan formasi, pengumuman penerimaan, pendaftaran pelamar, dan seleksi administrasi dilaksanakan pada 1–28 September. Sampai saat ini Kemenpan-RB belum bisa memprediksi jumlah pelamar tes CPNS 2013.

     Tetapi muncul indikasi bahwa pelamarnya bakal meningkat tajam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Alasannya adalah tes dilaksanakan setelah musim wisuda perguruan tinggi. Selain itu pada dua tahun terakhir kuota penerimaan CPNS baru sedikit, sehingga terjadi penumpukan peminat.

     Pihak Kemenpan-RB terus menggeber sosialisasi tes CPNS baru ini. Khususnya tentang penerapan sistem CAT. Dalam sistem ini, pelamar yang dinyatakan lulus administrasi akan diundang untuk mengerjakan naskah ujian secara online langsung di depan komputer. Keunggulan tes ini adalah, bisa dilaksanakan bergelombang dalam beberapa hari.

     Peserta tes CPNS baru sistem CAT akan langsung mengetahui hasil ujian setelah selesai mengerjakan soal ujian. Tetapi perlu diketahui yang diujikan secara online ini adalah tes kompetensi dasar (TKD). Masih ada satu tahap saringan lagi, yakni tes kompetensi bidang (TKB). Imanuddin mengatakan, panitia telah memiliki jutaan butir soal ujian untuk mengantisipasi tes CPNS online ini. (jpnn/p1/c3/ary)